Kasus Maybank, Polisi Periksa Saksi Ahli

josstoday.com

Gerai ATM Maybank

JOSSTODAY.COM - Mabes Polri akan memeriksa sejumlah saksi ahli dalam kasus raibnya uang di tabungan milik atlet e-sport Winda Lunardi dan ibunya, Floleta hingga sekitar Rp 22 miliar. Namun polisi enggan berpolemik dengan pernyataan pihak Maybank melalui pengacaranya sebab itu sudah masuk dalam materi penyidikan.

Dalam kasus ini polisi telah menetapkan mantan Kepala Cabang Maybank Cipulir berinisial AT sebagai tersangka dan akan mencari calon tersangka lain. AT saat ini juga sedang menunggu proses pengadilan untuk korbannya yang lain yang kasusnya ditangani Polda Metro Jaya.

“Kami tidak akan berpolemik dengan apa yang disampaikan (Maybank) sebab apa yang disampaikan itu materi penyidikan. Keterangan korban, saksi, tersangka, dan barang bukti termasuk dengan TKP akan diurai penyidik,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri Selasa (11/11/2020).

Awi memastikan semua yang terlibat didalamnya akan diperiksa. Penyidik juga sudah dalam proses pemanggilan saksi ahli terkait perbankkan dari Universitas Trisakti, ahli bank dari OJK, dan ahli TPPU dari PPATK. Polisi juga akan menelusuri aliran dana dan aset korban.

Seperti diberitakan penyidik menemukan bahwa uang sekitar Rp 22 miliar itu digunakan AT untuk berinvestasi bersama teman-temannya. Harapannya uang itu diputar dengan harapan mendapatkan keuntungan.

Kasus ini bermula ketika Winda dan ibunya menabung di Maybank sejak 2015. Keduanya menggunakan fasilitas tabungan berjangka. Seharusnya, pada 2020, uang di rekening mereka telah mencapai Rp 20 miliar.

Tapi masalah terjadi saat Winda akan melakukan penarikan di mana ia melihat sisa saldo di tabungan hanya tinggal Rp 600.000. Ia pun lapor polisi.

AT dijerat Pasal 49 Ayat (1) dan Ayat (2) UU Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas UU Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan dan Pasal 3, Pasal 4, dan Pasal 5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Sementara pengacara Maybank Hotman Paris Hutapea membeberkan modus tersangka menarik uang milik Winda Winardi. Salah satunya itu terjadi karena pelaku memegang buku tabungan dan ATM korban. (is/b1)

Maybank Pembobolan rekening Maybank